Link Situs

Kementerian Agama RI

Web Haji Kementerian Agama RI

Kementerian Haji Saudi Arabia

Pusat Kesehatan Haji Kementerian Kesehatan RI

haji-khusus-haji-furoda-thayiba-tora

Informasi Program Haji Khusus Thayiba Tora Tours & Travel

1. Tujuan Umum Program

Disiapkan untuk memfasilitasi calon jamaah haji  menggapai Haji Mabrur, melalui serangkaian program perjalanan haji yang efektif, aman dan nyaman dengan muatan pembinaan keislaman yang berkualitas, melayani dengan penuh komitmen dan kepatuhan  kepada Syariah dan Sunnah Nabi Muhammad SAW.

2. Karakteristik Program perjalanan

a. Masa perjalanan sekitar 25 hari; menjadikan program ini ideal, tidak terlalu lama juga tidak terlalu singkat, efektif untuk menyempurnakan keseluruhan amal haji dan umrah. serta efektif mengelola  stamina fisik - psikis dan  energi ibadah dengan  optimal.

b. Mendahulukan Kewajiban Umrah dan Haji atas kegiatan yang lain; Fokus pertama 13 hari di awal perjalanan program ini adalah menunaikan kewajiban Umrah dan Haji, saat dimana kondisi fisik dan energi ibadah kita insya Allah masih terjaga. Dengan mendahulukan kewajiban, program ini sekaligus menjamin cadangan waktu yang aman untuk menyempurnakan amal haji, sekiranya saat periode puncak haji (periode Armina 8-13 Dzulhijjah) ada persoalan yang menghalangi jamaah haji menyelesaikan amal hajinya, seperti Thawaf Ifadhah dan Sai karena sakit atau berhalangan bagi wanita maka kondisi ini akan bisa diatasi karena masih ada kesempatan tinggal di Mekkah pasca pelaksanaan haji.

c. Menghindari ketergesaan dalam perjalanan; Rute perjalanan ini dibuat  agar jamaah haji menikmati dengan khusyuk perjalanan haji, tidak terburu-buru. Jamaah haji akan menyelesaikan kewajibannya ”point to point” dengan tenang dan tidak tergesa-gesa. Rute ini juga suatu ikhtiar untuk menghindari suasana penuh sesak (crowded) yang amat sangat saat berlangsungnya ibadah haji di Mekkah, sehingga memungkinkan jamaah haji dapat menunaikan ibadah dengan tenang dan optimal.

3. Karakteristik Pelayanan

a. Kependampingan yang intensif; Thayiba Tora memberi perhatian khusus pada aspek ini, mengingat inti pelayanan adalah kependampingan  khususnya  kepada  pelaksanaan amal ibadah haji dan Umrah dan umumnya  kependampingan kepada semua aspek dari kegiatan  perjalanan Ibadah haji pada umumnya

b. Proporsi petugas dan jamaah haji ideal; Untuk memastikan pelayanan kepada jamaah haji terjaga kualitasnya, Thayiba Tora Tours & Travel menyertakan pembimbing ibadah dan  petugas/Muthatawif yang sudah berpengalaman dan dalam jumlah yang sangat proposional dan ideal.

c. Secara khusus Thayiba juga menyiapkan kependampingan dalam menuanaikan Thawaf Sunnah, ikhtiar mencium Hajar aswad, berdoa di Multazam dan Shalat sunnah atau berdoa di Hijir Ismail.


4. Karakteristik Pembinaan

Haji hakekatnya adalah intensif trainning, karenanya Thayiba menyertai perjalanan haji ini sarat dengan muatan pembinaan baik yang terkait langsung dengan persoalan ibadah Umrah dan Haji, maupun yang terkait dengan Dien Islam pada umumnya. Terkait dengan program ini, Thayiba menyiapkan tiga fase pembinaan;

a. Pra Keberangkatan

Kegiatan pembinaan pada fase ini meliputi Manasik Haji Intensif, Kajian Intensif Aqidah Islam dan Kajian Ibadah Praktis. Diharapkan dengan pembinaan ini calhaj memiliki bekal maksimal, dan siap lahir – batin menjadi tamu Allah di Tanah Suci.

b. Saat Perjalanan Haji

Pembinaan saat haji meliputi seluruh pelaksanaan amal ibadah Haji dan Umrah serta amal ibadah lainnya yang menyertai pelaksanaan Haji. Disamping itu secara khusus akan diadakan kajian Keislaman tematik saat di Mekkah, Medinah dan di Aziziah – Armina. Sehingga diharapkan jamaah selalu dalam kondisi terjaga ruhiyah dan amaliahnya selama di tanah suci.

c. Kegiatan Pembinaan Pasca Haji

Thayiba memfasilitasi bagi terselenggaranya komunitas pembinaan alumni yang berkelanjutan dalam bentuk wadah silaturahim dan kajian keislaman alumni Haji Thayiba.

Prosedur Pendaftaran Haji Khusus

Untuk membantu calhaj mengenali dan mempersiapkan keberangkatan haji, berikut sekilas tatacara pendaftaran Haji Khusus.

1. Thayiba Tora akan membantu proses pendaftaran sampai calon jamaah haji mendapatkan nomor kuota haji khusus dan mendapatkan BPIH dari bank penerima setoran haji yang ditunjuk oleh pemerintah.

2.  Proses pendaftaran meliputi:

a. Pengambilan formulir SPPH Haji di Kantor Kementerian Agama RI
b. Verifikasi data dan persetujuan Pejabat Kementerian Agama RI
c. Input data ke Siskohat Kementerian Agama RI
d. Setoran pembayaran ke Rekening Menteri Agama RI
e. Mendapatkan print out BPIH dan nomor porsi kuota haji khusus

3.  Persyaratan Pendaftaran yang diterima Thayiba Tora:

a. Calon jamaah haji menyerahkan surat kuasa dan pernyataan sesuai format yang telah disepakati oleh kemenag RI
b. Foto copy KTP dan kartu keluarga yang masih berlaku
c. Menyerahkan pas photo warna, latar belakang putih nampak wajah 85%
(wanita berkerudung) ukuran 3 x 4 = 35 lembar dan 4 x 6 = 15 lembar

d. Menyerahkan materai 6.000 sebanyak 6 lembar/orang

e. Menyerahkan deposit pembayaran awal USD 4.500/calhaj

f. Memiliki paspor yang masih berlaku

Bagi yang belum memiliki paspor berikut persyaratannya :

a. KTP yang masih berlaku
b. Kartu keluarga sesuai dengan domisili KTP
c. Akte Lahir/atau Ijazah atau /Buku Nikah salah satu
d. Paspor lama bagi yang telah memiliki paspor lama

*Syarat dan ketentuan dapat berubah sewaktu-waktu

Layanan Informasi dan Pendaftaran Haji

Hotlines service 0816958304 (Imam)