itikaf ramadhan

I’TIKAF AKHIR RAMADHAN 1436
THAYIBA TORA

1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Bertempat di Masjid Al Kautsar Bogor Lakeside Residence, Kota Bogor. Waktu pelaksanaan Jumat tanggal 10 – 12 Juli 2015, pukul 15.30 WIB s/d Ahad 12 Juli 2015 pukul 08.00 WIB.

2. Peserta

Peserta kegiatan ini adalah keluarga alumni jamaah Umrah/Haji Thayiba Tora dan masyarakat yang berminat dengan mendaftar terlebih dahulu supaya pelaksanaan acara bisa lebih disiapkan. Peserta tidak dipungut biaya, sekiranya ingin berkonstribusi bisa disampaikan langsung ke panitia di lokasi acara.

Peserta disarankan langsung datang ke lokasi dengan membawa perlengkapan pribadi seperti peralatan Shalat dan mandi, baju ganti, selimut, Al Quran dan alat tulis. Panitia sudah menyiapkan makan sahur dan buka, alas karpet dan pembimbing ibadah.

3. Jadwal kegiatan

Karena I’tikaf adalah kegiatan jenis ibadah mahdlah yang sudah diatur apa yang boleh ada, apa yang tidak boleh, maka dalam pelaksaannya semua peserta I’tikaf harus tunduk kepada aturan I’tikaf yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Meskipun demikian secara umum kegiatan utama I’tikaf adalah: Berdiam diri di Masjid, memperbanyak ibadah Ramadhan dan qiyamul Lail. Mengikuti kajian/Dirasah Islamiyah dan kegiatan lain yang dibolehkan, dengan jadwal umum sebagai berikut:

- Jumat, 10 Juli 2015

Semua peserta diharapkan sudah berada di lokasi Masjid Al Kautsar pukul 15.30 WIB, mengikuti Shalat Ashar berjamaah dilanjutkan dengan kajian Fiqih I’tikaf dan taaruf antar peserta. Selanjutnya mengikuti kegiatan ibadah rutin di Majsjid Al Kautsar, Shalat Maghrib, Isya dan Shalat Tarawih. Sebelum Istirahat malam diselenggarakan sesi kajian keislaman. Sepertiga akhir malam dilaksanakan Qiyamullail berjamaah.

- Sabtu, 11 Juli 2015

Usai ibadah, makan sahur, Shalat Shubuh dilaksanakan tadarrus Al Quran, Dijadwalkan hari Sabtu ada tiga sesi kajian ke Islaman. Selebihnya mengikuti rutinitas Ibadah di Masjid sebagaimana hari Jumat.

- Ahad, 12 Juli 2015

Usai Shalat Dhuha, I’tikaf di Masjid Al Kautsar di akhiri. Peserta kembali ke rumah masing-masing. Semoga Allah SWT menerima ibadah i.tikaf kita. Amin

Demikian kilasan umum jadwal dan kegiatan I’tikaf tanggal 10-12 Juli 2015 / 23-25 Ramadhan 1436 H.