tour-padang-bukittinggi-puncak-lawang-danau-maninjau
Pemandangan Danau Maninjau dari Puncak Lawang, salah satu obyek wisata yang dikunjungi

Perjalanan Thayiba Group Gathering Padang-Bukittinggi 2017

Sumatera Barat menjadi salah satu pilihan tujuan wisata yang menarik. Berbagai obyek wisata alam dan budaya terdapat di provinsi yang terkenal dengan ciri khas arsitektur Rumah Gadang ini. Objek wisata yang ada di Sumatera Barat yaitu Lembah Harau, Lembah Anai, Pantai Padang, Jam Gadang Bukittinggi, Istana Pagaruyung, Ngarai Sianok, Danau Maninjau, dan berbagai obyek wisata lain.

Sumatera Barat juga memiliki potensi obyek wisata lain tak kalah menarik yang berada di Kabupaten Pesisir Selatan. Pulau-pulau besar dan kecil menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, juga terdapat bukit-bukit dan air terjun yang mempesona.

Berikut ini perjalanan Thayiba Group Gathering Padang-Bukittinggi pada 12-16 Oktober 2017

Di hari pertama, Keberangkatan dari Jakarta menuju Padang dengan Penerbangan Garuda Indonesia dari Bandara Soekarno-Hatta. Tiba di Bandara Internasional Minangkabau, peserta tour dijemput oleh Pemandu Tour (Guide) dan makan siang di restoran lokal. Dengan menggunakan Bus AC, semua peserta tour siap mengikuti perjalanan wisata yang akan mengunjungi tempat-tempat menarik selama berada di Sumatera Barat.

Perjalanan menuju Lembah Anai dan menikmati keindahan alam dan kesejukan air terjun di Lembah Anai. Peserta tour bisa berfoto ria di depan air terjun Lembah Anai. Perjalanan dilanjutkan ke Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM) yang merupakan salah satu museum di Sumatera Barat dengan gedung utama berbentuk rumah gadang. PDIKM menyimpan berbagai macam informasi dan koleksi mengenai kebudayaan Minangkabau baik berupa dokumentasi audio maupun visual.

Peserta tour juga mengunjungi Pandai Sikek di Padang Panjang, pusat kerajinan kain khas Minang, diantaranya tenun songket. Setelah sampai di Kota Bukittinggi, peserta tour makan malam di restoran lokal dan istirahat di Hotel Grand Royal Denai Bukittinggi

Di hari ke-dua, setelah sarapan pagi di hotel, peserta tour mengunjungi Lembah Harau. Lembah Harau menjadi lokasi wisata yang indah dan menakjubkan. Pemandangan di lembah ini terlihat sangat eksotis karena dikelilingi oleh tebing terjal yang berupa batu granit berwarna warni. Di lembah ini terdapat dinding echo, yang  bisa memantulkan suara pada tebing-tebing di sekelilingnya. Di Lembah Harau juga terdapat beberapa lokasi air terjun yang indah untuk berfoto.

Destinasi selanjutnya yaitu kelok 9.  Di lokasi ini peserta tour bisa merasakan dari dalam kendaraan Bus melaju di jalan berkelok-kelok tajam dan menyaksikan kemegahan proyek fly over terbesar di Sumatera Barat.

Lokasi wisata menarik lainnya adalah  Industri Kiniko di Batu Sangkar dan Istana Pagaruyung yang merupakan warisan Budaya Minangkabau. Di Istana ini pengunjung bisa berfoto dengan memakai pakaian adat.Tidak ketinggalan mampir ke pusat oleh-oleh Ummi Aufa Hakim di Bukittinggi.

Hari ke-tiga, setelah sarapan pagi dan check out hotel,  peserta tour diajak mengunjungi Ngarai Sianok, menikmanti pemandangan alam  nan indah di kaki Gunung Singgalang. Juga berkesempatan  mengunjungi Lobang Jepang, salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kota Bukittinggi. Lobang Jepang merupakan sebuah terowongan (bunker) perlindungan yang dibangun tentara pendudukan Jepang sekitar tahun 1942 untuk kepentingan pertahanan. Untuk masuk ke dalam Lobang Jepang, pengunjung harus melewati 132 anak tangga dengan kedalaman 64 meter.

Lokasi menarik lainnya yaitu Jam Gadang yang merupakan ikon dari kota Bukittinggi dan belanja di Pasar Atas yang terkenal dengan souvenir, makanan, dan kerajinannya

Setelah makan siang di restoran lokal, kemudian melanjutkan perjalanan menuju Danau Maninjau (Puncak Lawang). Eksotisme Danau Maninjau bisa dinikmati dari Puncak Lawang. Danau Maninjau merupakan danau terbesar kedua di Sumatera Barat. Danau Maninjau memiliki pemandangan yang sangat indah. Dengan air yang bening, bentang dataran yang hijau serta dikelilingi oleh bukit terjal menjadikan danau ini objek wisata yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun asing.

Perjalanan dilanjutkan  menuju Kota Padang, makan malam di restoran lokal dan istirahat di hotel Mercure Padang.

Hari ke-empat, setelah sarapan pagi di hotel Mercure, Perjalanan menuju ke Pesisir dan Pulau Mandeh. Kepulauan Mandeh menyuguhkan pemandangan bahari yang asri dan natural. Peserta tour dapat menyaksikan dengan jelas jejeran pulau yang bertebaran di birunya Samudra Hindia antara lain Pulau Sronjong Gadang, Pulau Sronjong Ketek, Pulau Sutan, Desa Kapo Kapo dan sungai Gemuruh.

Setelah puas menjelajah Kepulauan Mandeh, Group Tour kembali ke ke Kota Padang untuk makan malam di restoran lokal istirahat di hotel.

Hari kelima, setelah sarapan pagi di hotel dan check out, Peserta Group Tour mengikuti City Tour di sekitar Kota Padang antara lain : Kota Tua, Jembatan Siti Nurbaya, Masjid Raya Sumatera Barat, Tugu Perdamaian dan Pantai Padang.

Setelah makan di restoran lokal, selanjutnya menuju Bandara Minangkabau untuk penerbangan pulang ke Jakarta. *(gus)